SENSOR UTAMA PADA EFI


SENSOR UTAMA PADA EFI

1. Sensor udara masuk ( Mass Air Flow [D] dan Manifold Absolute Pressure [L] )
MAF
Heat Resistor Type nilai tahanannya berubah sesuai temperature di permukaan resistor yg dipengaruhi udara masuk. Variasi tahanan diubah dalam bentuk variasi tegangan(0~5) dikirim ke ECU sebagai dasar menentukan banyak udara yg masuk intake air chamber
MAP
Mensensor tekanan intake manifold sebagai dasar perhitungan jumlah udara yg masuk melalui IC (integrated Circuit) yg ada did lm sensor ini. Terdiri dari semi konduktor type pressure converting element yg berfungsi merubah fluktuasi tekanan jadi tegangan
2. Engine rpm sensor (CKP dan CMP)
Chamsaft Position Sensor
Mendeteksi posisi piston pada langkah kompresi melalui putaran signal rotor yg diputar langsung oleh camshaft untuk mengetahu membuka/menutup intak  dan exhaust valve, juga sebagai sensor utama pengapian yg mengirim sinyal putaran mesin ke ECU untuk mengaktifkan igniter
Chamshaft Position Sensor sama dengan CMP
SENSOR - SENSOR LAINNYA
1. Air Intake Temperature (IAT)
Terpasang di air cleaner berupa thermistor dengan bahan semi konduktor(semain panas tahanan semakin kecil). ECU akan menyuplai tegangan 5V dan ground untk sensor, karena tahanan pada sensor bervariasi tegangan yg mengalir ke ECU bervariasi, digunakan ECU sebagai dasar menentukan temperature udara masuk untuk menentukan jumlah bensin yang disemprotkan injector.

2. Fast Idle Air Control         
Untuk menambah jumlah udara dan bb yang masuk intake air chamber saat mesin dingin. Terbuat dari thermo wax, jika temperature dingin maka tdk mengembang jumlah udara yg masuk saluran bypass banyak, jika panas sebaliknya putaran menjadi idle
3. Idle Speed Adjusting Screw
Pada beberapa kendaraan putaran idle diatur ECU namun ada yang masih dilengkapi dengan ISAS untuk mengatur besar kecilnya putaran idle secara manual, untuk mempengaruhi besar kecilnya udara yg masuk intake air chamber saat putaran idle
4. Throttle Position Sensor
TPS dihubungkan ke valve shaft pada throttle body untuk mendeteksi(dngan potensiometer) pembukaan throttle valve hasilnya tegangan input dialirkan dari ECU ke TPS, dan brush bergerak melalui resistance sesuai dengan pembukaan throttle valve sehingga tegangan output berubah2 besarnya lalu ECU mendeteksi pembukaan throttle valve
5. Engine Cooling Temperature Sensor
Terbuat dari thermistor kerjanya sama dengan IAT hanya berfungsi mendeteksi temperature air pendingin mesin sebagai input ECU untuk mengkoreksi besarnya penginjeksian bensin pada injector
6. Vehicle Speed Sensor
Dipasang di transmisi digerakkan drive gear poros output
7. Idle Mixture Adjustment
Menyetel kadar CO dngan mengganti resistornya
8. CO Adjusting Resistor
Menyetel kadar CO dengan memutarnya ke kanan/kiri
FUEL DELIVERY SISTEM
1. Pompa Turbin (Fuel Pump)
Terdiri dari 1 atau 2 impeller yg diputar motor, casing dan pump cover tersusun jadi 1 unit. Bila motor berputar impeller berputar, bilah pada bagian luar impeller menghisap bensin dari saluran masuk dan di dorong keluar ke saluran keluar, dialirkan keluar lewat chek valve.
2. Check Valve (Fuel Pump)
Akan tertutup bila pompa bensin berhenti bekerja gunanya untuk mempertahankan sisa tekanan didalam system saluran bensin bila mesin berhenti.
3. Relief Valve (Fuel Pump)
Akan menjaga tekanan bensin agar tidak lebih dari yg diperbolehkan
4. Fuel Filter
Menyaring kotoran
5. Fuel Pressure Regulator
Mengatur tekanan bensin ke injector agar tekanan stabil. Tekanan bensin dari delivery pipe menekan diaphragm, membuka valve sebagian bensin kembali ke tangki melalui pipa pengembali selain itu Kevakuman intake manifold akan menarik.
6. Pulsation Dumper
Menyerap variasi tekanan bensin yang diakibatkan perubahan kevakuman intake manifold dan penginjeksian bensin oleh injector.
7. Injector
Nosel electromagnet yang kerjanya dikontrol oleh ECU untuk penginjeksian bensin ke intake manifold. Bila signal dari ECU diterima coil solenoid maka plunger akan tertarik melawan kekuatan pegas, karena needle valve dan plunger merupakan 1 unit valve juga akan tertarik dari dudukan dan bensin akan disemprotkan selama katup terbuka.
 


Kalo ada yang salah, tolong dikoreksi yaaaa :)

Komentar

legacymarbleandgranite mengatakan…
I read your post and got it quite informative. I couldn't find any knowledge on this matter prior to. I would like to thank you for sharing this article here. Custom Magnet Manufacturers in USA

Postingan populer dari blog ini

Tentang Baterai

automotive, heavy vehicle lubricant

Buat Bunda Tersayang