SENSOR UTAMA PADA EFI
SENSOR
UTAMA PADA EFI
1. Sensor udara masuk ( Mass Air
Flow [D] dan Manifold Absolute Pressure [L] )
MAF
Heat Resistor Type nilai
tahanannya berubah sesuai temperature di permukaan resistor yg dipengaruhi
udara masuk. Variasi tahanan diubah dalam bentuk variasi tegangan(0~5) dikirim
ke ECU sebagai dasar menentukan banyak udara yg masuk intake air chamber
MAP
Mensensor tekanan intake manifold
sebagai dasar perhitungan jumlah udara yg masuk melalui IC (integrated Circuit)
yg ada did lm sensor ini. Terdiri dari semi konduktor type pressure converting
element yg berfungsi merubah fluktuasi tekanan jadi tegangan
2. Engine rpm sensor (CKP dan
CMP)
Chamsaft
Position Sensor
Mendeteksi posisi piston pada
langkah kompresi melalui putaran signal rotor yg diputar langsung oleh camshaft
untuk mengetahu membuka/menutup intak
dan exhaust valve, juga sebagai sensor utama pengapian yg mengirim
sinyal putaran mesin ke ECU untuk mengaktifkan igniter
Chamshaft Position Sensor sama
dengan CMP
SENSOR
- SENSOR LAINNYA
1. Air Intake Temperature (IAT)
Terpasang di air cleaner berupa
thermistor dengan bahan semi konduktor(semain panas tahanan semakin kecil). ECU
akan menyuplai tegangan 5V dan ground untk sensor, karena tahanan pada sensor
bervariasi tegangan yg mengalir ke ECU bervariasi, digunakan ECU sebagai dasar
menentukan temperature udara masuk untuk menentukan jumlah bensin yang disemprotkan
injector.
2. Fast Idle Air Control
Untuk menambah jumlah udara dan
bb yang masuk intake air chamber saat mesin dingin. Terbuat dari thermo wax,
jika temperature dingin maka tdk mengembang jumlah udara yg masuk saluran
bypass banyak, jika panas sebaliknya putaran menjadi idle
3. Idle Speed Adjusting Screw
Pada beberapa kendaraan putaran
idle diatur ECU namun ada yang masih dilengkapi dengan ISAS untuk mengatur
besar kecilnya putaran idle secara manual, untuk mempengaruhi besar kecilnya
udara yg masuk intake air chamber saat putaran idle
4. Throttle Position Sensor
TPS dihubungkan ke valve shaft
pada throttle body untuk mendeteksi(dngan potensiometer) pembukaan throttle
valve hasilnya tegangan input dialirkan dari ECU ke TPS, dan brush bergerak
melalui resistance sesuai dengan pembukaan throttle valve sehingga tegangan
output berubah2 besarnya lalu ECU mendeteksi pembukaan throttle valve
5. Engine Cooling Temperature
Sensor
Terbuat dari thermistor kerjanya
sama dengan IAT hanya berfungsi mendeteksi temperature air pendingin mesin
sebagai input ECU untuk mengkoreksi besarnya penginjeksian bensin pada injector
6. Vehicle Speed Sensor
Dipasang di transmisi digerakkan
drive gear poros output
7. Idle Mixture Adjustment
Menyetel kadar CO dngan mengganti
resistornya
8. CO Adjusting Resistor
Menyetel kadar CO dengan
memutarnya ke kanan/kiri
FUEL
DELIVERY SISTEM
1. Pompa Turbin (Fuel Pump)
Terdiri dari 1 atau 2 impeller yg
diputar motor, casing dan pump cover tersusun jadi 1 unit. Bila motor berputar
impeller berputar, bilah pada bagian luar impeller menghisap bensin dari
saluran masuk dan di dorong keluar ke saluran keluar, dialirkan keluar lewat
chek valve.
2. Check Valve (Fuel Pump)
Akan tertutup bila pompa bensin
berhenti bekerja gunanya untuk mempertahankan sisa tekanan didalam system
saluran bensin bila mesin berhenti.
3. Relief Valve (Fuel Pump)
Akan menjaga tekanan bensin agar
tidak lebih dari yg diperbolehkan
4. Fuel Filter
Menyaring kotoran
5. Fuel Pressure Regulator
Mengatur tekanan bensin ke
injector agar tekanan stabil. Tekanan bensin dari delivery pipe menekan
diaphragm, membuka valve sebagian bensin kembali ke tangki melalui pipa
pengembali selain itu Kevakuman intake manifold akan menarik.
6. Pulsation Dumper
Menyerap variasi tekanan bensin yang
diakibatkan perubahan kevakuman intake manifold dan penginjeksian bensin oleh
injector.
7. Injector
Nosel electromagnet yang kerjanya
dikontrol oleh ECU untuk penginjeksian bensin ke intake manifold. Bila signal
dari ECU diterima coil solenoid maka plunger akan tertarik melawan kekuatan
pegas, karena needle valve dan plunger merupakan 1 unit valve juga akan
tertarik dari dudukan dan bensin akan disemprotkan selama katup terbuka.
Kalo ada yang salah, tolong dikoreksi yaaaa :)
Komentar